Minggu, 01 Mei 2011

Is Piracy A Crime?

"Ay!"  teman baik saya, sebut saja dia... BUNGA (dikatakan dengan mimik wajah ala presenter silet), dateng ke rumah n ganggu jam bobok siang saya. "Pinjem textbook Psikologi Belajar elu!"

Pinjem textbook?? Walah. Emang muka saya muka perpustakaan umum?? Anyway, saya kasih juga dia buku yang dia mau. Biar dia cepet pergi aja, soalnya saya masih ngantuk.

"Thanks," Bunga mesem-mesem ketika textbook saya udah di tangannya.
"Masama. Emang itu buku mau diapain??"
"Difotocopy. Adikku perlu itu buku.. Punyaku udah di gudang. Males geledah lagi."
"Ooo...," saya cuma manggut-manggut dan membiarkan Bunga 'menculik' buku Psikologi Belajar saya.

Tapi, sorenya, pas lagi baca-baca buku Man's Search for Meaning-nya Viktor E Frankl, saya tiba-tiba ngeh. Yang namanya buku dari penerbit, pasti ada copyright-nya. N kalo ngelanggar copyright, kita bisa kena denda n pidana penjara.. Ingat! Piracy is a crime!

Tapi oh tapi, kalo dipikir ulang, somehow kita diajarkan buat me-piracy karya. Contohnya seperti kasusnya Bunga, yang mau fotokopiin buku buat adiknya. Memang sih, bukunya udah nggak diterbitin lagi (dari tahun 70'an bok!). Cuma, tetep aja kita membajak. N lucunya, malah di kampus kita dengan polosnya diberitahu dosen buat fotokopi textbook atau diktat.

Kan itu piracy juga. Cuma kok dihalalkan?
Is Piracy A Crime??

=.=a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar